Awasi Gejala Diabetes Mulai dari Diri Anda

17/09/2012 11:54

Mengamati gejala penyakit gula darah memang bukan perkara yang mudah. Apalagi jika anda belum sepenuhnya  memahami gejalanya. Padahal jika anda memahami betul gejalanya, maka dampaknya akan sangat positif, khususnya dalam hal pencegahan terhadap komplikasi akibat kencing manis. Hal ini karena ketika pemeriksaan gula darah menunjukkan hasil yang positif terhadap diabetes, maka pengobatan medis akan segera diupayakan untuk memperoleh kembali kadar gula darah yang mendekati stabil.

Mengingat manfaat yang akan anda peroleh hanya dengan memahami gejala kencing manis yang biasanya muncul, maka akan lebih baik jika mulai memahami satu persatu gejala yang ada. Apalagi dengan adanya fakta bahwa gejala diabetes juga dapat ditemui pada orang normal, maka diperlukan pemahaman khusus untuk membedakan gejala yang muncul.  Biasanya gejala penyakit diabetes yang cukup membingungkan adalah sering buang air kecil, dimana orang normalpun juga mengalaminya.

Meski orang normal juga dapat mengalami peningkatan intensitas buang air kecil, tetap ada beberapa hal yang dapat membedakan apakah gejala yang muncul merupakan gejala diabetes atau bukan. Salah satu contohnya adalah ketika peningkatan intensitas buang air kecil yang anda alami sering terjadi pada malam hari. Peningkatan intensitas buang air kecil yang terjadi pada malam hari akan lebih cenderung mengarah pada gejala kencing manis.

Selain waktu terjadinya, perlu diketahui juga kadar urin yang dikeluarkan apakah normal atau justru meningkat. Jika kadar atau jumlahnya meningkat dari biasanya, maka gejala yang muncul ini harus selalu dicurigai sebagai gejala penyakit kencing manis. Untuk memastikannya, tentu saja perlu pemeriksaan kadar gula darah sehingga hasilnya akan lebih akurat.

Gejala penyakit diabetes lainnya yang mungkin juga akan sedikit membingungkan adalah penurunan berat badan. Ketika penurunan berat badan dialami oleh seseorang yang sebelumnya mengalami obesitas tanpa melakukan diet, maka penurunan berat badan yang terjadi harus dicurigai sebagai gejala diabetes. Namun seringkali gejala yang muncul tersebut disalahartikan oleh penderita. Inilah yang membuat penanganan lebih lanjut kemudian terlambat diperoleh, khususnya dalam hal pemeriksaan gula darah.

Dengan mengetahui hal tersebut di atas, maka diharapkan anda dapat lebih waspada terhadap setiap gejala yang muncul. Jika memang masih menemui kesulitan, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter. Akan lebih baik lagi jika dokter tersebut adalah dokter keluarga yang biasanya mengetahui riwayat kesehatan anda. Dengan cara ini, maka deteksi terhadap penyakit gula darah akan lebih mudah dilakukan. Untuk memperoleh informasi menarik lainnya mengenai penyakit kencing manis, anda bisa Klik Di Sini.