Cegah Komplikasi Diabetes Selagi Bisa

19/09/2012 15:07

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang dapat meningkatkan resiko munculnya berbagai macam komplikasi. Karena komplikasi tersebut, penanganan yang diberikan seringkali tidak lagi fokus terhadap penyakit yang diderita, melainkan lebih pada komplikasi diabetes mellitus yang muncul. Padahal penanganan yang benar seharusnya mampu mengatasi penyakitnya terlebih dahulu. Hal ini karena penyakit yang diderita merupakan penyebab munculnya komplikasi bukan sebaliknya.

Terlepas dari penanganan medis yang harusnya diperoleh, anda juga perlu mengetahui beberapa komplikasi yang biasanya muncul pada penderita kencing manis. Komplikasi tersebut diantaranya meliputi penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi atau hipertensi, gagal ginjal, retinopati diabetes dan ulkus diabetik. Mengingat keseluruhan komplikasi yang biasanya ditemui pada penderita merupakan penyakit kronis, maka akan lebih baik jika komplikasi tersebut dicegah sebelum terlambat. Cara termudah untuk menghindari komplikasi tersebut adalah dengan menjaga keseimbangan gula darah. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan untuk dapat menjaga kestabilan gula darah guna mengurangi resiko munculnya komplikasi.

Perbaiki Pola Makan Anda

Jika anda selama ini sering terlambat makan atau makan dengan porsi berlebihan, maka kini saatnya anda mengganti kebiasaan makan yang salah tersebut. Hal ini karena kedua kebiasaan makan yang salah tersebut dapat memicu terjadinya lonjakan gula darah. Lonjakan gula darah yang terjadi tentunya akan semakin meningkatkan resiko munculnya komplikasi. Karenanya akan lebih baik jika anda mulai membiasakan diri makan tepat waktu dengan porsi normal. Jika diperlukan, anda dapat makan lebih sering namun dengan porsi kecil. Sangat disarankan pula untuk menambah porsi sayuran dan buah agar upaya untuk menjaga kestabilan gula darah dapat berhasil maksimal.

Lakukan Diet dengan Benar

Tidak hanya pola makan saja yang berpengaruh terhadap kestabilan gula darah anda, tetapi juga pola diet anda. Jika selama ini anda cenderung memilih untuk menjalani diet ketat karena berpikir dapat membantu mengurangi berat badan anda, maka segera ubahlah mindset tersebut. Hal ini karena dengan menjalani diet yang ketat, anda justru tidak akan memperoleh manfaat apa-apa selain tubuh yang kurus. Apalagi ditambah dengan resiko kurangnya nutrisi tubuh akibat diet ketat yang anda jalani, maka nantinya justru akan mempengaruhi keseimbangan gula darah anda.

Hindari Stres

Stres dapat menyerang siapa saja, tanpa mengenal batas usia. Dengan adanya resiko stres ini, maka sebagai penderita kencing manis anda perlu lebih waspada. Dengan kata lain, anda harus mampu mengatasi stres atau bahkan menghindarinya. Hal ini karena stres yang anda alami nantinya dapat mempengaruhi keseimbangan gula darah anda. Alasan utamanya karena stres menstimulasi pelepasan hormon epinefrin dan cortisol yang cenderung memicu pelepasan insulin.

Sekilas, fakta tersebut tampak menguntungkan bagi anda yang ingin mengupayakan keseimbangan gula darah. Namun hendaknya perlu diingat resiko kerusakan sel beta pankreas yang akan semakin meningkat jika ia selalu dituntut untuk mensekresikan insulin dalam jumlah yang cukup. Karenanya akan lebih baik jika anda mulai melakukan stress management untuk menghindari efek negatif stres yang anda alami tersebut atau sebisa mungkin menghindarinya. Untuk info menarik lainnya yang berkaitan dengan komplikasi diabetes, silahkan anda mengunjungi situs ini: https://www.obatdiabetesmelitus.net/akibat-dan-komplikasi/kenali-bahaya-retinopati-diabetik-sebelum-terlambat